Saturday, March 21, 2015

Cara Aman Tersambar Petir | Tips Survive Fisikawan


Coba bayangkan jika kamu sedang berada dilapangan terbuka saat badai petir sedang berlangsung. Manakah diantara salah satu pakaian berikut yang kamu pilih agar kamu selamat? Sebuah mantel tebal, kostum Superman (atau Spiderman, Batman atau siapalah superhero yang kamu sukai), baju besi abad pertengahan atau pakaian kamu saat lahir (telanjang donk.. :D)?

Mungkin kamu akan berpikiran kalau saya gila kalau menyarankan untuk memilih menggunakan baju besi agar selamat. Ya, dengan sangat yakin saya menyarankannya walaupun kita mungkin tahu kalau logam sangat baik dalam mengantarkan listrik. Dan petir adalah aliran besar elektron atau dengan kata lain dia adalah listrik dengan tegangan tinggi. Walaupun begitu diantara semua yang saya tawarkan hanya baju besilah yang akan menyelamatkanmu. Percayalah.

Pasti kamu berpikir (dengan keras) kenapa bahan yang menjadi umpan petir malah cocok sebagai ‘penyelamat’? Alasannya adalah listrik akan sangat mudah mengalir pada logam di daerah dekat permukaan. Bukan yang di dalam. Dan jika arus listrik mengalir pada kotak logam yang berongga di dalamnya, seperti kaleng atau bahkan baju besi tadi, arus listrik tidak akan sampai ke dalamnya. Dia hanya akan mengalir di sisi luar dinding logam itu. Para Fisikawan menyebutnya dengan istilah ‘Sangkar Faraday’.


Contoh nyata dalam kehidupan sehari-hari adalah pakaian yang digunakan oleh para pekerja listrik tegangan tinggi yang bekerja memperbaiki kabel berarus. Mereka mengenakan pakaian khusus yang dirancang agar mereka tidak tersetrum. Dengan konsep sangkar Faraday. Pakaian itu dirajut dari serat logam. Untuk itulah pakaian itu juga disebut sebagai ‘Faraday suit’.

Jadi sudah jelas lah TIPS PERTAMA sedia payung sebelum hujan dan jangan lupa bawa baju besi, hehe. Oh ya, ngomong-ngomong tentang payung, Saya pernah baca di forum online kalau jaman dulu juga pernah diciptakan payung yang diberi sambungan kawat ke tanah untuk penangkal petirnya. Ada fotonya, tapi ntar ya saya lupa di forum mana. Jika ada drum logam yang bisa kamu masuki sebaiknya juga kamu masuk saja ke dalamnya.

Tips kedua, jika kamu sedang berada dekat dengan sebuah mobil. Apalagi jika itu mobil kamu (karena kalau mobil orang gimana buka kuncinya?). Masuklah kedalamnya. Walaupun rodanya dilapisi karet yang menyekat lapisan logam dengan tanah (ingat, petir selalu menyalurkan muatannya ke dalam bumi), tapi body mobil adalah sangkar Faraday juga. Karena body mobil terbuat dari logam yang membuat rongga di dalamnya.

Terus bagaimana jika sedang berada di lapangan terbuka dan gak punya mobil serta lupa bawa baju besinya? (Emang lagi perang bawa-bawa baju besi). Apalagi disekitar situ cuma kamu yang paling tinggi atau paling enggak cuma ada sebatang pohon yang tingginya sama denganmu. Pastilah kemungkinan tersambar petir sangat besar. Karena tubuhmu adalah konduktor terbaik saat itu ketimbang udara atau tanah disekitarmu.

Tips selanjutnya adalah jika kamu berada pada kondisi seperti paragraph sebelum ini adalah. Berdiri? Dipastikan kamu akan hangus. Berbaring? Kemungkinan nyawamu tertolong sangat kecil, walaupun petir tidak langsung menyambarmu dan menyambar pohon atau benda lain di dekatmu, aliran listriknya akan menyebar ke seluruh bagian tanah di sekitarnya. Dan ingat kamu adalah konduktor yang lebih baik dari tanah. Terus gimana? Cara terbaik untuk bertahan adalah dengan berjongkok yang agak rendah dengan kedua tumit disatukan serta hanya ujung kaki saja yang menempel di tanah. Maka ketika petir menyambar disekitarmu, aliran listriknya tidak akan merambat ke tubuhmu. Jikapun merambat, listrik akan mengalir dari salah satu kakimu dan akan turun ketanah lagi lewat kaki lainnya. Paling tidak, aliran listrik tidak akan melewati organ vitalmu seperti jantung yang mungkin akan berhenti berdetak ketika mendapat kejutan listrik yang kuat.


Namun tips terakhir inilah yang sudah menyelamatkan banyak orang dan sudah terbukti dalam kehidupan sehari-hari. Hindari petir sama sekali dan jika sedang terjadi badai jangan keluar rumah.

Ya itulah salah satu konsep fisika tentang aliran listrik. Selain bermanfaat juga terkadang berbahaya seperti aliran arus petir. Semoga kita sebagai manusia bisa bijak dalam menyikapi segala sesuatu yang telah Allah berikan untuk membantu kehidupan kita di dunia ini. And, maaf jika judulnya sedikit melenceng dari isi. Yang penting semoga isinya bermanfaat.


Sumber gambar: Youtube.com
Referensi:
- Minute Physics
- Tipler. Fisika untuk Sains dan Teknik (Terjemah). 2001. Jakarta: Erlangga.


Facebook Comments
0 Blogger Comments
Facebook Comments by Blogger Widgets

0 komentar: