Thursday, March 19, 2015

Prinsip Kerja Radar | Radio Detection and Ranging

Sumber gambar: profstevewigmore.files.wordpress.com

RADAR singkatan dari Radio Detection and Ranging yaitu alat yang digunakan untuk mendeteksi benda atau objek dan juga pengukuran jaraknya. Biasanya radar ditempatkan/ diaplikasikan di bandara, kapal, pesawat, dan fasilitas militer. Prinsip kerjanya mungkin tidak serumit perangkatnya. Maka dari itu semua yang berkaitan dengannya akan dijelaskan secara sederhana dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya. TTD siapa sajha :D .

Langkah kerja Radar yang pertama adalah memancarkan gelombang radio. Ke mana? Ke segala penjuru yang pengen dideteksi dan diukur jaraknya. Siapa yang mancarin? Ya antena pemancar lah bro. Selanjutnya gelombang yang mengenai suatu objek akan di balikin (baca dipantulkan) kembali dan diterima oleh receiver sehingga akan diperoleh jarak benda tersebut dari pembaca atau stasiunnya. Selanjutnya hasil pembacaan akan ditampilkan ke dalam layar display baik berupa data angka maupun grafik, bahkan bisa gambar.

Nah kalo difilm-film perang itu kan sampai diketahui kecepatan benda yang bergerak. Itu gimana ceritanya?

Kalau itu dapat dijelaskan secara fisika dengan istilah ‘efek Doppler’. Dengan diketahui frekuensi gelombang ketika dipancarkan dan setelah diterima kembali, maka akan diperoleh besar kecepatan objek yang terdeteksi. Lebih jelas secara matematis (jangan pernah pisahkan fisika dengan matematika) dijelaskan oleh persamaan berikut.




Keterangan: fp, frekuensi penerima; fs, frekuensi sumber; v, kecepatan gelombang diudara; vs, kecepatan sumber; dan vp, kecepatan penerima.

Selanjutnya kenapa dipilih gelombang radio? Jawabannya adalah gelombang radio merambat dengan baik hampir pada semua kondisi seperti kabut, air, awan, salju, dll. Yang mana kondisi tersebut akan sulit jika digunakan gelombang cahaya misalnya seperti alat pendeteksi dan pengukur berbasis gelombang cahaya yaitu LIDAR (Light for Detection and Ranging).

Nah sekian. Untuk artikel sains lainnya bisa dipilih pada bar menu ‘Sains’ di atas. 


Facebook Comments
2 Blogger Comments
Facebook Comments by Blogger Widgets

2 komentar:

Anonymous said...

What's up, ӏ log on to your neԝ stuff daily. Yoսr writing style is awesome,
қeep it uρ!

my website ... Gazpacho soup

Yoyon Pujiono said...

Thank you, but I write this blog in Indonesian..