Tuesday, April 14, 2015

10 Fakta Tentang Tulang Manusia Yang Perlu Kamu Ketahui


Tulang merupakan salah satu organ manusia yang paling penting. Coba bayangkan manusia tanpa rangka tulang, pasti jadi kayak gurita jadi lentur dan meliuk-liuk kesana kemari. Selain fungsi tulang sebagai salah satu sistem gerak, penopang dan pelindung tubuh, ternyata tulang juga memiliki beberapa fakta yang mungkin tidak semua kita mengetahuinya. Berikut ulasannya.

1.  Paha

Ini mungkin tidak begitu mengejutkan kamu jika tulang paha (femur) merupakan tulang terpanjang dalam tubuh manusia. Namun yang perlu diketahui adalah tulang paha merupakan tulang terberat dan juga lebih kuat daripada beton.

2.  Tangan

Ternyata jari-jari tangan manusia tidak memiliki otot melainkan hanya jaringan tendon yang digunakan untuk menggerakkan ruas-ruas jari-jemarinya. Tangan kamu juga memiliki 27 tulang, 29 sendi dan 123 ligamen untuk membuatnya bergerak.

3.  Wajah

Wajah manusia memiliki 14 tulang yang melindungi otak dan organ-organ indra penglihatan, penciuman dan pendengaran. Selain itu secara tak kasat mata tulang wajah terus bergerak sepanjang hidup kita. Itulah mengapa wajah seseorang semakin terlihat ‘cekung’ seiring bertambahnya usia.

4.  Telinga

Di dalam telinga manusia terdapat tulang terkecil dan teringan yang menyusun tubuh kita. Dinamakan dengan stapes atau juga dikenal dengan istilah tulang sanggurdi. Dengan ukuran hanya sepersepuluh inci, namun tulang sanggurdi memiliki peranan besar bagi kehidupan kita. Mungkin kita tidak akan bisa mendengar apapun tanpa keberadaannya.

5.  Seperti baru

Mungkin kamu juga pernah tahu jika orga-organ seperti kulit kita selalu beregenerasi setiap waktunya. Ternyata tulang kita juga mampu untuk memperbaiki diri dan tumbuh ulang. Tulang kita mengalami keausan terus menerus dan akan di-upgrade kembali sehingga setiap tujuh tahun kita akan memperoleh tulang baru.

6.  Ada tulang yang hilang!

Manusia dilahirkan kedunia dengan 270 tulang namun ketika dewasa jumlah tulang manusia tinggal 206 ruas. Kemana perginya?

7.  Tulang leher manusia sama dengan Jerapah!

Percaya atau tidak tulang leher manusia sama dengan jerapah. Namun bukan pada ukurannya, tetapi pada jumlah ruasnya.

8.  Selalu kerja lembur

Tulang rusuk manusia bergerak sebanyak 5 juta kali setahun untuk bernapas tanpa istirahat. Selain itu walaupun mampu melindungi jantung dan paru-paru, tulang rusuk bisa rusak karena bersin yang terlalu kuat.

9.  Dilahirkan tanpa lutut

Selain memiliki tulang terbesar, kaki kita juga memiliki sendi terbesar dalam tubuh yaitu lutut (patella). Namun ternyata ketika seorang bayi baru lahir tidak memiliki tulang lutut dan baru berkembang setelah usia 2-5 tahun.

10.  Ada yang lucu

Funny bone atau jika diterjemahkan secara langsung akan menjadi tulang lucu. Funny bone atau tulang lucu yaitu tonjolan yang berada di ujung siku kita. Walaupun jika diraba terasa seperti tulang, namun sebenarnya tulang lucu adalah kumpulan saraf ulnaris dan otot. Sehingga jika kamu memukul bagian ini, dipastikan kamu akan kejang-kejang merasakan sensasi tersetrum. Lucu gak?!

Dari berbagai sumber
Facebook Comments
0 Blogger Comments
Facebook Comments by Blogger Widgets

0 komentar: