Friday, March 13, 2015

Fakta Sebenarnya Tentang Sisi Gelap Bulan


Jika kita membicarakan Bulan, satelit alam satu-satunya (padahal kan keren kalo ada banyak kayak di film fantasi ilmiah) yang dimiliki Bumi kita pasti pernah mendengar tentang istilah ‘sisi gelap’ atau ‘dark side’ bulan. Jika diartikan secara harfiah mungkin kita akan beranggapan bahwa bulan memiliki bagian permukaan yang tidak tersinari matahari. Namun anggapan itu kurang tepat. Karena layaknya bumi, planet, dan satelit lainnya yang berbentuk bulat, bulan juga memiliki gerak secara rotasi (gerak berputar pada sumbu porosnya). Dengan kata lain bulan juga mengalami siang dan malam seperti bumi.

Bulan melakukan gerak rotasi selama 27,3 hari waktu bumi, sama persis dengan kala revolusinya. Dengan kata lain satu hari bulan sam dengan satu tahun bulan (revolusi bulan terhadap bumi). Karena rotasi dan revolusi yang dialami bulan tepat sama, maka sisi bulan yang menghadap ke bumi akan tetap. Makanya kita dari kecil hingga sekarang melihat bulan dengan ‘rupa’ yang sama. Dan yang terpenting dari bahasan kita sekarang adalah maksud dari ‘sisi gelap bulan’. Jadi apa sebenarnya sisi gelap bulan itu?

Yang dimaksud dengan istilah ‘dark side’ bulan adalah daerah yang tidak pernah dieksplor oleh manusia dari pengamatan darat (pengamatan dari bumi). Karena memang tidak pernah terlihat dari bumi. Sisi ini selalu berada menjauhi bumi.

Namun apakah bulan memang benar-benar memiliki wilayah yang gelap terus menerus (malam abadi). Menurut beberapa sumber seperti Wikipedia bahasa Indonesia bulan memiliki daerah yang gelap secara terus menerus, yaitu berada di daerah kutub selatan. Namun saya sendiri masih belum meyakininya karena bulan berevolusi tidak sejajar katulistiwanya. Semoga Anda yang membaca bisa memberikan pendapat untuk ini. Sekian dulu ya bahasan tentang sisi gelap bulan.

Berikut video singkat yang mungkit bisa membantu penggambarannya.



Video lainnya bisa di tonton di sini.
Facebook Comments
0 Blogger Comments
Facebook Comments by Blogger Widgets

0 komentar: