Thursday, April 16, 2015

Mengapa Kita Tidak Bisa Melihat Warna Benda Di Tempat Kurang Cahaya?


 Benda dapat dilihat karena adanya pantulan cahaya dari benda yang masuk ke mata manusia. Setiap sisi dan bagian benda akan memantulkan cahaya dengan amplitudo dan panjang gelombang yang berbeda-beda tergantung dari kondisi bagian yang tersinari cahaya. Mulai dari sudut datangnya sinar tekstur dan molekul penyusunnya. Dengan demikian ketika mata menerima cahaya hasil pantulan dari benda tersebut, otak kita akan menerjemahkannya kedalam bentuk objek, struktur dan warnanya.

Lalu kenapa warna benda hanya dapat diamati dengan jelas ketika kondisi pencahayaannya baik? Hal ini dapat dijelaskan tentang hakikat warna itu sendiri. Sejatinya warna-warna yang kita kenal adalah intepretasi dari panjang gelombang elektromagnetik (baca gelombang cahaya). Artinya warna yang kita lihat bukanlah bagian dari struktur suatu benda. Melainkan panjang gelombang cahaya yang dipantulkan oleh benda tersebut.


Namun kenapa kita tidak mampu melihat warna pada suasana remang remang? Ketika suasana kurang cahaya, mata manusia akan meningkatkan kemampuan penerimaan cahaya dengan cara melebarkan celah pupilnya. Dalam keadaan ini mata akan berusaha menangkap semua gelombang cahaya yang masuk. Selain itu pada kondisi remang-remang intensitas cahaya sangat rendah sehingga kemungkinan benda memantulkan warna tertentu akan berkurang. Karena penyerapan gelombang pada benda juga dipengaruhi oleh tingkat energy gelombang cahaya.
Facebook Comments
0 Blogger Comments
Facebook Comments by Blogger Widgets

0 komentar: