Friday, July 28, 2017

Kelajuan dan Kecepatan


Speed and velocity

Seperti halnya dengan jarak dan perpindahan yang memiliki perbedaan serius (walau terlihat mirip), begiru juga dengan kelajuan dan kecepatan.


Kelajuan

Kelajuan merupakan sebuah besaran skalar yang mana menunjukkan ‘seberapa besar laju/ cepat suatu benda bergerak’. Kelajuan dapat dianggap dengan seberapa besar nilai benda bergerak untuk menempuh suatu jarak tertentu. Pergerakan benda yang besar menunjukkan nilai kelajuannya yang besar dan mampu menempuh jarak yang jauh dalam waktu yang singkat. Begitu juga sebaliknya, benda yang bergerak dengan lamban memiliki nilai kelajuan yang kecil dan akan menempuh jarak yang relativ kecil walaupun waktunya sama dengan benda yang bergerak dengan cepat. Sebuah benda yang tidak bergerak juga berarti kelajuannya bernilai nol.

Kecepatan

Kecepatan merupakan besaran vector yang berarti besarnya nilai kecepatan bergantung kepada arah pergerakannya. Mari kita bayangkan jika seseorang bergerak maju mundur – satu langkah ke depan lalu satu langkah berikutnya ke belakang – dan selalu kembali ke titik awal dia berdiri sebelumnya. Maka hasilnya dia melakukan kegiatan yang kurang bernilai, karena dengan kembali lagi ke titik awal dia berdiri sebelum bergerak maka kecepatan dia sama dengan nol. Mengapa demikian? Karena ketika seseorang bergerak dan selalu kembali ke titik awalnya maka dia sama saja tidak berpindah (perpindahannya sama dengan nol). Dengan kecepatan didefinisikan berdasarkan nilai perubahan posisi, maka pergerakan tersebut memiliki nilai kecepatan sama dengan nol.

Jika kita ingin melakukan pergerakan dengan nilai kecepatan maksimum, maka dia harus berupaya meningkatkan nilai perpindahan dari posisi awalnya. Nilai perpindahan terbesar dapat dicapai dengan bergerak lurus dari posisi awalnya, dengan demikian pergerakan lurus juga akan memperbesar nilai kecepatannya.

Kecepatan merupakan besaran vektor. Dengan demikian maka besar nilainya harus memperhitungkan arahnya. Jika kita ingin menghitung nilai kecepatan suatu objek, maka pertama-tama kita harus memperhatikan arah geraknya. Sehingga kita tidak bias hanya menyebutkan nilai kecepatan sebuah benda adalah 20 km/jam. Jadi kita harus menyertakan arah gerak benda tersebut ketika menyebutkan nilai kecepatan benda tersebut. Maka selanjutnya untuk menyebutkan nilai kecepatannya sebesar 20 km/jam kea rah barat (misal). Hal ini merupakan perbedaan Utama antara kelajuan dan kecepatan. Kelajuan merupakan besaran skalar yang nilainya tidak bergantung pada arah geraknya, sedangkan Kecepatan adalah besaran vector yang untuk menghitung nilainya mesti meninjau arah perpindahannya.


(Ada lanjutannya, silahkan mampir lagi lain waktu)
Facebook Comments
1 Blogger Comments
Facebook Comments by Blogger Widgets

1 komentar:

Anonymous said...

My brother recommended I might like this website. He used to
be totally right. This post truly made my day. You cann't imagine simply how a lot time I had
spent for this information! Thanks!