Tuesday, July 25, 2017

Zebra

Taksonomi

Kingdom        : Animalia
Filum              : Chordata

Kelas              : Mammalia

Ordo               : Perissodactyla

Famili             : Equidae

Genus            : Equus

Spesies          : Equus zebra, Equus quagga, Equus grevyi


https://yoyonpujiono.blogspot.com/2017/07/zebra.html


Ulasan

Zebra adalah spesies besar dari family equine yang biasanya ditemukan di padang rumput sub-Sahara Afrika. Zebra adalah yang terbesar kususnya di antara jenis kuda liar yang memiliki pola hitam putih di tubuhnya. Pola belang pada tubuh zebra sangat unik antara satu dengan yang lain.

Terdapat tiga spesies Zebra berbeda yang ditemukan di Afrika yaitu Common Zebra (Plains Zebra atau Zebra Burchell), Zebra Grevy (Imperial Zebra) dan Mountain Zebra. Zebra merupakan hewan dengan pola hidup koloni. Mereka mampu menempuh jarak yang sangat jauh untuk menemukan wilayah padang rumput yang baru dan persediaan air untuk mereka. Namun demikian, karena meningkatnya aktivitas manusia menyebabkan habitat alami mereka menjadi terancam. Saat ini spesies Zebra Grevy dan Mountain Zebra telah dimasukkan dalam kelompok spesies terancam punah. Sedangkan Common Zebra yang memiliki jumlah lebih banyak dan persebaran yang luas juga mengalami penurunan jumlah yang tajam di beberapa tempat.

Anatomi dan Bentuk



Zebra termasuk hewan yang memiliki tubuh besar dan berat namun juga memiliki desain yang sempurna untuk berlari cepat. Kaki mereka yang panjang dan ramping serta kuku yang padat membantu Zebra mampu berlari hingga kecepatan 40 kilometer per jam. Sama seperti kuda, Zebra juga hanya memiliki sati jari/ telapak pada setiap kakinya yang dilindungi oleh kuku yang kuat. Pola belang hitam dan putih pada tubuh mereka berbeda pada setiap individu yang membanti merekan membedakan satu sama lain ketika berada pada satu kawanan.

Zebra memiliki leher dan kepala yang panjang yang memudahkan untuk menjangkau rerumputan di bawah mereka. Pada bagian atas kepalanya terdapat surai yang memanjang hingga punggung dan ekor.

Persebaran dan Habitat

Zebra ditemukan di padang rumput dan dataran Afrika Timur dan Selatan. Common Zebra merupakan spesies yang paling banyak jumlahnya dan menyebar hingga Afrika Timur untuk mencari padang rumput. Mountain Zebra dapat ditemukan di padang rumput pegunungan Afrika Selatan hingga Barat. Sedangkan Zebra Grevy ditemukan di daerah terbatas padang rumput kering, di wilayah sub gurun dan stepa yang berada di wilayah Ethiopia, Somalia dan utara Kenya. Zebra dapat berlari sangat cepat ketika mereka sedang mendapat ancaman dari predator, sehingga mereka sangat bergantung pada dataran terbuka.

Reproduksi

Zebra tergolong dalam mammalia yanglambat dalam berkembang yang mana betinanya belum dapat bereproduksi hingga mencapai umur beberapa tahun. Setelah melalui satu masa kehamilan yang berlangsung antara 10 hingga satu tahun, betinanya akan melahirkan seekor anak zebra yang telah memiliki coraknya sendiri, surai dan juga memiliki sedikit rambut panjang di perutnya. Anak zebra akan mampu berdiri sendiri dalam beberapa menit setelah dilahirkan, hal ini sangat penting untuk memastikan bahwa ia mampu melarikan diri dari para predatornya. Anak-anak zebra akan sudah memakan rumput pada usia seminggu dan akan disapih oleh induknya setelah berumur 11 bulan. Zebra muda akan tetap bersama induknya sampai mereka dewasa pada usia sekitar tiga tahun dimana yang jantan akan meninggalkan kawanan Zebra muda dan bergabung ke kelompok zebra perjaka sedangkan yang betina akan tetap bersama kawanan induknya. Kelompok perjaka ini akan siap bersaing dengan dominasi para Zebra jantan dan mencoba untuk mengalahkan mereka demi mendapatkan pasangan pada saat musim kawin tiba.

Makanan


Zebra merupakan hewan herbivora yang berarti dia hanya makan komponen tumbuhan dalam memenuhi nutrisi tubuhnya. Mayoritas makanan zebra (90%) terdiri dari banyak varietas rerumputan dan bagian tumbuhan lainnya seperti daun-daun dan kuncup tanaman perdu. Mereka menggunakan ujung gigi serinya yang tajam untuk memotong rerumputan yang selanjutnya akan dihaluskan oleh gigi-gigi molar mereka yang datar. Fakta bahwa rumput hanya memiliki sedikit nutrisi membuat zebra menghabiskan sekitar 60% sampai 80% waktunnya untuk merumput. Common Zebra akan selalu minum air setiap hari, namun berbeda dengan dua jenis zebra lainnya yaitu Zebra Grevy dan Mountain Zebra yang hidup di daerah kering, mereka mampu minum sekali untuk kebutuhan mereka beberapa hari. Pada musim kemarau, zebra mampu untuk menempuh jarak yang sangat jauh untuk mendapatkan rumput segar dan kolam-kolam air yang tidak mongering. Zebra Grevy diketahui mampu menggali tanah pada permukaan sungai yang mongering untuk mendapatkan air yang terjebak di bawah permukaan tanah.

Predator dan Ancaman

Zebra merupakan seekor hewan herbivora yang besar dan kuat yang mampu melarikan diri dengan mudah dari kebanyakan predatornya. Zebra merupakan mangsa dari Singa, Macan Tutul, Hyena dan Anjing liar Afrika, juga karnivora besar lainnya seperti Buaya ketika mereka menyeberangi sungai atau minum. Insting Utama zebra ketika menghadapi bahaya adalah lari. Namun demikian, ketika keadaan mendesak mereka juga mampu melawan dengan menendang dan menggigit musuh mereka. Selain itu ketika mereka melihat bahaya, mereka akan memberi peringatan satu sama lain dalam kelompoknya dan lalu melarikan diri dalam kelompok yang padat sehingga mampu mengecoh dan menjadikan pemangsanya kesulitan menentukan targetnya. Namun ancaman terbesar bagi berkurangnya populasi zebra adalah berkurangnya habitat asli mereka karena meluasnya wilayah aktivitas manusia seperti pembukaan pemukiman baru dan lahan Pertanian.




Facebook Comments
0 Blogger Comments
Facebook Comments by Blogger Widgets

0 komentar: